Cara Menerapkan Kebiasan Baik Menjadi Lebih Mudah

Advertisements

SPW – Hidup sukses bukan berasal dari hal besar yang kita lakukan, namun dari hal kecil yang dilakukan secara konsisten. Kali ini saya membahas buku Tiny Habits karya BJ Fogg. Jika kamu ingin perubahan positif bisa bertahan lama, maka kamu perlu berpikir dengan skala yang lebih kecil.

Perubahan besar terjadi bukan karena kita berhasil melakukan hal besar, akan tetapi perubahan besar terjadi ketika kita melakukan perubahan kecil secara konsisten. Misalnya jika kamu ingin mulai olahraga, cobalah mulai dengan dua kali push-up sehari. Ingin mulai makan sehat, cobalah untuk mulai makan satu buah apel setiap hari.

Kebiasaan kecil ini dibuat semudah mungkin, agar kita bisa memasukkannya ke dalam rutinitas harian. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini akan mengubah cara otak bekerja dan membuat kebiasaan baik menjadi otomatis, seperti menggosok gigi setiap pagi.

Tiga Hal Penting dari Buku Berjudul Tiny Habits Karya BJ Fogg:

Pertama, Mengubah Hidup Dimulai dari Hal Kecil

Setiap tahun jutaan orang membuat resolusi untuk perubahan positif dalam hidup. Kita memutuskan untuk makan lebih sehat, olahraga rutin, dan tidur yang berkualitas. Selama periode tertentu kita mulai olahraga rutin, mengganti gorengan dengan sayur dan buah, mulai tidur jam 22.00 WIB. Hidup terasa begitu indah tetapi ada suatu hal yang terjadi. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan baru ini mulai goyah.

Kita melewatkan satu hari, lalu satu minggu, dan minggu berikutnya. Kemudian kita kembali pada kebiasaan lama. Kenapa sulit sekali untuk berubah? Jawabannya karena kita terlalu banyak melakukan sesuatu di satu waktu yang sama.

Misalnya kita tidak memulai olahraga dengan hanya 10 menit olahraga ringan, akan tetapi langsung ikut kelas kardio selama 1 jam. Masalahnya adalah kita terlalu terburu-buru pada perubahan, sehingga ketika antusiasme padam dan tubuh mulai protes, efeknya pada motivasi kita pun mulai merosot. Tidak aneh kalau kita berhenti datang ke tempat gym.

Di situasi ini kita cenderung menyalahkan diri sendiri. Andai saja saya lebih disiplin atau jika saya punya motivasi lebih, maka pasti bisa menjalankan semuanya dengan rutin, namun apakah ini benar? Ternyata tidak juga. Mungkin kesalahan utamanya bukan di kamu, tetapi pendekatanmu soal perubahan.

Jadi apa yang harus kamu lakukan?

  1. Berhenti menyalahkan diri sendiri. Jika kamu merasa sulit untuk berubah mungkin karena kamu tidak memahami bagaimana cara kerja perilaku manusia.
  2. Perlu mengambil sebuah mimpi besar, selanjutnya membaginya menjadi langkah kecil dań mudah dilakukan. Artinya jika kamu ingin membuat sebuah perubahan bertahan lama, maka kamu harus memulainya dari sebuah langkah kecil sederhana.

Ada kesalahpahaman yang sering terjadi dinamakan information action fallacy. Ini adalah anggapan jika kamu memberikan fakta yang benar kepada seseorang, maka dia akan mengubah sikap dan perilakunya. Sekilas terlihat masuk akal tetapi realitanya tidak begitu. Fakta saja tidak cukup untuk membuat perubahan.

Frogg menjelaskan ada tiga hal penting dalam membentuk sebuah kebiasaan. Sebuah pencerahan, perubahan lingkungan, dan perubahan kecil. Pada kebiasaan yang ada, pencerahan datang tanpa terduga dan berada di luar kendali. Sama halnya dengan perubahan lingkungan seringkali sulit dikontrol, misalnya kamu tidak bisa memaksa temanmu untuk ikut kegiatan bersama. Jadi yang bisa kamu lakukan adalah menjalani perubahan kecil.

Semakin sering kamu menjalani kebiasaan kecil, maka kamu makin terbiasa dan pada akhirnya menjalankan kebiasaan secara otomatis.

Advertisements

Kedua, Apakah Motivasi Cukup?

Banyak orang seringkali terlalu bergantung pada motivasi. Memang betul motivasi memiliki kekuatan yang luar biasa. Motivasi bisa membuat seseorang yang tidak pernah berolahraga menjadi berlari di bandara agar tidak ketinggalan pesawat. Motivasi bisa mendorong seseorang tiba-tiba beli makanan sehat untuk mulai pola hidup yang lebih seimbang.

Namun perlu diingat, motivasi itu bagus untuk mengerjakan hal sulit satu kali. Namun perubahan konsisten tidak hanya butuh satu kali. Kamu perlu melakukan hal yang sama terus-menerus setiap hari. Ditambah lagi kita terlalu sibuk fokus pada aspirasi, sebuah tujuan jangka panjang. Entah mengurangi waktu untuk membuka gadget, menjadi lebih sabar, atau mengurangi berat badan hingga 10 kg.

Perlu dipahami, aspirasi adalah hasil yang abstrak dan hanya memberitahu kamu atas hasil, bukan bagaimana kamu meraihnya. Sedangkan apa yang kamu lakukan adalah jembatan antara saat ini dan masa depan.

Contohnya, kamu mungkin sering mendengar anjuran untuk menyiapkan dana darurat. Tentu saja ini merupakan hal yang penting. Sebagai dana untuk kejadian yang tidak terduga, seperti rumah yang tiba-tiba bocor, mobil tiba-tiba rusak, dan sebagainya. Namun tentunya uang ini tidak muncul dalam sekejap. Kamu perlu menyisihkan sedikit demi sedikit setiap bulannya hingga akhirnya terkumpul dana darurat.

Ketiga, Cari Hal Kecil yang Membuatmu Bahagia

Apakah kamu tahu kalau hal indah walaupun kecil ternyata berdampak pada caramu menjalani hidup? Ini alasannya. Stres berasal dari tekanan hidup yang berat atau hal negatif. Situasi ini membuat kita jadi cemas dan sulit menjalani hari dengan maksimal. Tentu saja tidak mungkin kita menghilangkan stres 100% dalam hidup, tetapi yang bisa kita lakukan adalah mengimbanginya dengan mencari hal yang positif.

Contohnya sederhana, yakni mengirimkan video atau foto lucu kepada orang yang dicintai atau memulai hari dengan makanan kesukaanmu. Momen kecil kebahagiaan bisa berbeda bagi setiap orang, namun yang paling penting adalah kamu terus menciptakan momen itu di dalam hidupmu. Kenapa? Karena itu merupakan momen yang penting untuk mengurangi stres dan mengembalikan moodmu yang hilang saat ini.

Kamu tidak suka dari salah satu bagian dipekerjaanmu, mungkin tidak ada hal positif di sana dan kamu sangat membencinya. Cobalah cermati mungkin saja pekerjaan itu merupakan batu loncatan untuk karir selanjutnya. Tidak masalah, yang kamu perlu lakukan adalah bersikap syukur atas hal itu, sehingga merubah sudut pandangmu dalam melihat pekerjaan. Mungkin terlihat kecil namun ketika kamu melihat hidup lebih positif, maka tingkat stresmu berkurang.

Dampaknya pada kesehatan fisik dan mentalmu meningkat. Terdengar klise tapi otak kita bekerja seperti komputer. Kita punya kemampuan untuk memasukkan begitu banyak informasi, akan tetapi keputusan ada di kita. Apakah kita ingin otak kita fokus pada hal positif atau pada hal negatif?

Kesimpulan

Ketika kamu ingin membangun kebiasaan kecil yang baik, maka bisa dimulai dari membangun sudut pandangnya positif tentang hidup.


Semoga bermanfaat. Sebagai bentuk dukunganmu terhadap blog pribadi ini, caranya mudah sekali. Hanya tinggalkan komentarmu dan sebarkan tulisan ini kepada siapapun. Terima kasih banyak.

Advertisements
Lulusan Psikologi. Instruktur materi ajar terkait Improvement & People Development. Penulis resmi Personal Blog Singgih Pandu Wicaksono. Hobi membaca, menulis, dan berolahraga. 14 tahun berpengalaman di bidang Human Capital dan saat ini berposisi sebagai Head of Human Capital di Perusahaan Alat Berat Nasional yang bergerak di Mining (Pertambangan) dan Konstruksi (Construction).

Related Posts

Tenang, Insya Allah Selalu Ada Jalan

Advertisements SPW – Di dunia ini saya akan menang atau saya akan belajar, tapi saya tidak akan pernah kalah. Kali ini saya akan membahas buku yang berjudul…

Cara Membentuk Budaya Perusahaan Efektif

Advertisements SPW – Banyak orang bilang kalau budaya perusahaan itu penting, tapi apakah kamu tahu apa artinya? Kali ini saya mengulas buku yang berjudul What You Do…

The Psychology of Selling

Advertisements SPW – Menjadi jago jualan perlu memiliki mindset yang tepat dulu sebelum berjualan. Kali ini saya akan membahas buku berjudul The Psychology of Selling karya Brian…

Rencana Singkat Disisa Hidupmu

Advertisements SPW – Kadang dalam hidup kita tidak selalu mendapatkan pilihan yang bagus, yang jauh lebih penting adalah melakukan hal terbaik dari pilihan apapun yang didapatkan. Kali…

Berpikir Berbeda – Kreatif dan Inovatif

Advertisements SPW – Menjadi original tidak perlu menjadi yang pertama, tetapi menjadi yang berbeda dan lebih baik. Kali ini saya akan membahas buku yang berjudul Originals karya…

Cara Menghentikan Kebohongan atau Kecurangan

Advertisements SPW – Mayoritas orang akan curang apabila situasi dan kondisinya mendukung. Kali ini saya akan bahas buku berjudul The Honest Truth About Dishonesty karya Dan Ariely…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *