Kebiasaan Orang Sukses

Advertisements

SPW – Kali ini saya akan membahas buku dengan judul The 5 AM karya Robin Sharma. Buku ini membahas cara membangun kebiasaan pagi yang dapat membantu produktivitas. Buku ini berisi terkait tentang pentingnya bangun pagi yang mampu membantu seseorang meraih kesuksesan.

Setiap harinya kita selalu terdistraksi oleh segala macam hal. Dengan bangun lebih pagi, maka kamu akan punya banyak waktu untuk mengembangkan dirimu sendiri. Bagi kebanyakan orang, bangun sebelum subuh mungkin sulit. Tapi kalau kamu ingin menjadi top 5% orang hebat di dunia, maka jangan bertindak seperti 95% orang pada umumnya.

Saya mencoba merangkum Tiga hal Penting dari buku berjudul The 5 AM.

Pertama, Kebiasaan Baik Harus Rutin

Banyak orang diminta untuk bangun jam 5 pagi setiap hari, langsung menolak. Walaupun kamu tidak terbiasa bangun pagi, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Pelajaran yang dijelaskan oleh Robin tentang manfaat bangun jam 5 pagi sangat cocok apabila kamu tipe early bird.

Ada cerita yang menarik terkait Sara, yang diceritakan di dalam buku The 5 AM. Dia adalah seorang pelukis. Sara pernah diberikan nasihat. Jika kamu datang ke studio secara konsisten tanpa absen, maka suatu hari kamu akan sukses. Ketika mendengar nasihat ini, bagi Sara nasihat ini berguna, tapi tidak inspirasional. Walaupun begitu dia rutin melakukannya dengan serius. Seiring berjalannya waktu cara melukisnya pun semakin baik.

Orang-orang sukses, mulai dari atlet hingga pengusaha semua menerapkan kebiasaan baik dalam hidup mereka untuk mewujudkan kesuksesan. Satu kebiasaan utama yang akan kamu temukan dari mereka adalah kebiasaan bangun lebih awal. Ini bukan kebetulan, hal ini karena di pagi hari mereka berada dalam waktu produktif yang tinggi dan bisa mengerjakan pekerjaan mereka yang paling penting tanpa gangguan.

Jika kamu memulai hari dengan cara yang benar, maka kamu akan merasakan efek positifnya disepanjang hari. Hal yang sama berlaku sebaliknya, jika kamu memulai hari dengan malas dan terlambat, maka sulit merasakan efek positifnya sepanjang hari.

Kedua, Empat Interior Empire

Robin memberikan konsep yang cukup menarik soal keseimbangan hidup. Pelajaran sukses dari Robin adalah apabila ingin sukses jangan hanya mengembangkan mindset (pola pikir) saja, tapi mengembangkan tiga area yang lain, yaitu Healthset, Heartset, and Soulset.

Healthset berkaitan dengan aktivitas fisik. Lakukan olahraga rutin yang bisa buat tubuhmu tetap fit dan sehat. Saya ingat pepatah ‘Men Sana In Corpore Sano‘, yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Heartset berkaitan dengan emosional kamu. Seberapa bagus kamu mengontrol emosimu sendiri. Apakah kamu bisa merelakan kesedihan, kemarahan, dan ketakutan.

Soulset berkaitan dengan spiritualitas. Bagaimana hubunganmu dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Empat area ini harus dilatih dan dikembangkan setiap pagi, agar hidupmu lebih seimbang. Tapi tantangannya adalah apakah kamu bisa konsisten melatihnya setiap pagi hari? Jawabnya tentu saja bisa. Bagaimana caranya? Dengan ritual sebelum tidur yang tepat.

Advertisements

Robin memberikan tips bagaimana cara untuk mengakhiri aktivitas setiap hari dan mempersiapkan diri kamu agar sukses pada pagi berikutnya. Kamu harus makan terakhir dan mematikan peralatan elektronik dari jam 7 hingga 8 malam. Kemudian antara jam 8 hingga 9 malam kamu bisa mengobrol dengan keluarga dan membaca buku. Dan terakhir, antara jam 9 sampai 10 malam kamu sudah berada di kamar tidur. Mematikan lampu kamar, mengatur alarm, dan berdoa syukur di hari ini dan doa sebelum tidur. Itulah ritual yang bisa kamu lakukan sebelum tidur, agar kamu bisa bangun di pagi harinya dengan energi yang lebih baik.

Ketiga, 20/20/20 Formula

Jika kamu bisa bangun satu jam lebih pagi, tentu saja kamu perlu memanfaatkan waktu itu dengan sebaik-baiknya. Robin menjelaskan kegiatan yang bisa rutin kamu lakukan dalam 20/20/20 Formula yang terdiri dari tiga set 20 menit kegiatan, yaitu aktivitas fisik, refleksi diri, dan belajar. Lebih lanjut, Robin menjelaskan jadwal detail dari jam 5 sampai 6 pagi.

Set Pertama: jam 5.00 hingga 5.20 adalah waktunya berolahraga. Ini merupakan awalan yang bagus, dan membuat kamu beneran bangun. Selain itu olahraga juga akan membantu kamu berkonsentrasi dengan lebih baik.

Set Kedua: 5.20 hingga 5.40 adalah waktunya refleksi diri. Tuliskan 5 hal apa saja yang membuat kamu bersyukur, harapan kamu di masa depan, dan apa saja yang ingin kamu lakukan di hari itu. Ini merupakan kegiatan jurnal harian. Tujuannya adalah membantu kamu fokus tentang goal yang ingin kamu capai.

Set Ketiga: 5.40 hingga 6.00 adalah waktunya untuk berkembang. Ini adalah sesi pengembangan diri, bisa baca buku, menonton video inspiratif, membaca artikel yang bagus, mendengar podcast yang bermutu, dan lain sebagainya.

Mungkin pertanyaan berikut yang muncul. Mengapa kita harus bangun jam 5 pagi setiap hari dan melakukan tiga set kegiatan ini? Jawabannya sederhana, setiap hari sama pentingnya bagi hidup kita dalam perspektif yang lebih besar. Kita bisa merancang hidup di masa depan, mulai dari apa yang kita lakukan setiap harinya.

Sebagai gambaran, kebiasaan baru yang rutin membutuhkan waktu 66 hari kemudian baru akan berjalan secara otomatis. 22 hari pertama menghapus kebiasaan lama yang negatif. 22 hari selanjutnya untuk mulai membiasakan diri dengan kebiasaan baru. Selanjutnya, 22 hari sisanya untuk membuat kebiasaan baru menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Perubahan itu sulit pada awalnya, berantakan di tengah, tapi indah pada akhirnya. Bangun jam 5 pagi jauh lebih mudah ketika kamu mulai menjalankannya, hingga akhirnya kebiasaan ini menjadi otomatis.

Sebagian orang sukses mempunyai kebiasaan unik, yaitu bangun dan mengembangkan dirinya di pagi hari. Tentu saja hal ini bukanlah kebetulan. Mereka menjalankan kebiasaan rutin di pagi hari karena diwaktu tersebut mereka bisa melakukan hal-hal yang benar-benar penting tanpa ada gangguan.


Semoga bermanfaat. Bagi kamu yang telah selesai membaca artikel ini, sebagai bentuk dukungan agar artikelnya terus-menerus mengalami pembaharuan, tolong meninggalkan komentarnya. Terima kasih.

Advertisements
Lulusan Psikologi. Instruktur yang berfokus pada materi ajar terkait Improvement & People Development. Penulis resmi di Personal Blog Singgih Pandu Wicaksono. Hobi membaca, menulis, dan berolahraga.

Related Posts

The Psychology of Selling

Advertisements SPW – Menjadi jago jualan perlu memiliki mindset yang tepat dulu sebelum berjualan. Kali ini saya akan membahas buku berjudul The Psychology of Selling karya Brian…

Rencana Singkat Disisa Hidupmu

Advertisements SPW – Kadang dalam hidup kita tidak selalu mendapatkan pilihan yang bagus, yang jauh lebih penting adalah melakukan hal terbaik dari pilihan apapun yang didapatkan. Kali…

Berpikir Berbeda – Kreatif dan Inovatif

Advertisements SPW – Menjadi original tidak perlu menjadi yang pertama, tetapi menjadi yang berbeda dan lebih baik. Kali ini saya akan membahas buku yang berjudul Originals karya…

Cara Menghentikan Kebohongan atau Kecurangan

Advertisements SPW – Mayoritas orang akan curang apabila situasi dan kondisinya mendukung. Kali ini saya akan bahas buku berjudul The Honest Truth About Dishonesty karya Dan Ariely…

Menjadi Negosiator Ulung dengan Cara Membujuk Orang Lain Melalui Teknik Mendengarkan

Advertisements SPW – Ketika seseorang sedang cerita mungkin dia tidak butuh solusi, akan tetapi hanya ingin didengar keluh kesahnya. Kali ini saya akan membahas buku berjudul Just…

Transformasi Bisnis yang Sukses

Advertisements SPW – Perusahaan yang mampu bertransformasi menjadi perusahaan hebat diibaratkan seekor landak, sedangkan perusahaan yang gagal bertransformasi diibaratkan seekor rubah. Kali ini saya akan membahas buku…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *