Rencana Singkat Disisa Hidupmu

Advertisements

SPW – Kadang dalam hidup kita tidak selalu mendapatkan pilihan yang bagus, yang jauh lebih penting adalah melakukan hal terbaik dari pilihan apapun yang didapatkan. Kali ini saya membahas buku berjudul The Last Lecture karya Randy Pausch terkait bagaimana cara mewujudkan mimpi yang kita miliki saat waktu kecil.

Apa yang akan kamu lakukan ketika diberitahu kalau kuota hidupmu hanya punya waktu tiga sampai enam bulan? Hidup inilah yang dialami oleh Randy. Dirinya didiagnosa menderita kanker stadium akhir. Randy punya waktu hidup yang terbatas sehingga memanfaatkan waktu untuk memberikan ceramah terakhir atau dikenal sebagai the last lecture.

The last lecture adalah sebuah ceramah yang biasanya diberikan oleh para profesor di universitas terkait hikmah kematian dan merenungkan hal apa yang paling berharga. Namun berbeda dengan Randy. Dia tidak membahas kematian dan cara menghadapinya, namun Randy fokus bagaimana caranya untuk hidup. Itulah yang membuat buku ini menceritakan bagaimana Randy bisa mewujudkan mimpi masa kecilnya dan berharap bisa membantu orang lain untuk mencapai mimpinya.

Tiga Hal Penting dari Buku Berjudul The Last Lecture Karya Randy Pausch:

Pertama, Pelajaran Berharga dalam Hidup

Banyak profesor di Universitas seringkali diminta untuk memberikan sebuah ceramah yang berjudul kuliah terakhir. Mereka diminta untuk membahas hikmah kematian dan merenungkan apa yang paling berharga ketika mereka ceramah. Para penonton biasanya memiliki pertanyaan mendasar.

Kebijaksanaan apa yang kita tinggalkan untuk dunia, jika kita tahu ini adalah momen terakhir? Jika kita tidak ada besok, apa yang kita ingin ditinggalkan sebagai peninggalan?

Ketika Randy sebagai profesor dari jurusan computer science diminta untuk memberikan ceramah serupa. Dia tidak menyangka kalau ceramah itu merupakan yang terakhir bagi dirinya. Randy didiagnosa menderita kanker stadium akhir dan hanya bisa bertahan dalam waktu tiga hingga enam bulan.

Keputusan dia untuk menyusun ceramah terakhir dan mengabadikannya dalam sebuah buku awalnya mendapat pertentangan dari istrinya. Maklum saja, istrinya merasa Randy perlu menghabiskan waktu yang berharga bersama dengan keluarga. Namun Randy beranggapan ceramah ini akan menjadi warisan berharga untuk ketiga anaknya yang masih sangat kecil. Hal itulah yang membuat Randy tidak ingin berbicara kematian atau apa yang dia rasakan. Akan tetapi dia ingin berbicara terkait kehidupan.

Kala itu Randy sedang menunggu jadwal bertemu dokter dan berpikir apa yang membuatnya berbeda. Randy berpikir kanker tidak membuatnya berbeda dari 37.000 orang Amerika Serikat yang didiagnosa mengidap kanker pankreas setiap tahun.

Randy mulai berpikir hal apa saja yang berhubungan dengan identitas dirinya. Seorang guru, seorang ilmuwan komputer, seorang ayah, seorang anak, seorang teman, seorang mentor, dan sebagainya. Itu adalah semua peran yang sangat dihargai namun sekali lagi apa yang membuatnya berbeda.

Tiba-tiba saja datang sebuah ide, apapun pencapaian yang dimilikinya semua berasal dari mimpi dan tujuan yang dimilikinya sejak kecil. Sepanjang hidup melalui satu dan lain hal, Randy berhasil mewujudkan mimpi itu satu persatu. Hal yang membuat dirinya unik bukanlah karena dia punya mimpi. Semua orang mungkin saja punya mimpi, tapi yang membuatnya unik adalah berapa detail dari mimpi tersebut yang membentuk hidupnya selama ini.

Randy merasa kisahnya dalam bermimpi, mengejar mimpi tersebut, jatuh bangun hingga akhirnya mewujudkannya bisa membantu orang lain untuk menciptakan jalannya sendiri dalam memenuhi mimpi mereka. Inilah yang menjadi judul ceramah terakhirnya really achieving your childhood dreams, artinya benar-benar mencapai mimpi masa kecilmu.

Kedua, Mewujudkan Mimpi Masa Kecil

Randy bercerita soal mimpi dan masa kecilnya. Saat dimasa sekolah banyak siswa ingin menjadi astronot. Namun sejak kecil dia sadar kalau tidak bisa menjadi astronot karena memakai kacamata. Randy pun menerima hal tersebut. Hal yang sebenarnya Randy inginkan adalah bukan menjadi astronot, akan tetapi merasakan bisa melayang di udara.

Advertisements

Randy pun berusaha mencari cara bagaimana mimpinya bisa terwujud hingga datang sebuah kesempatan dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) membuka program bagi mahasiswa untuk bisa menyampaikan proposal dalam melakukan eksperimen dengan pesawat.

Pada tahun 2001, mahasiswa dari tempat dirinya bekerja mengajukan ide menggunakan virtual reality namun walaupun idenya diterima oleh NASA, akan tetapi secara tegas NASA mengatakan kalau hanya mahasiswa saja yang diijinkan naik ke pesawat, sementara dosen pembimbing tidak termasuk.

Tentunya hal ini membuat Randy kecewa. Dia pun tidak menyerah dan berusaha mencari cara yang lain hingga akhirnya menemukan sebuah ide kalau pada dasarnya NASA sangat suka dengan pemberitaan. Randy pun menyampaikan kepada NASA kalau dia bisa menjadi jurnalis web dari kota tempat tinggal mahasiswa dan akhirnya dia berhasil ikut dalam program tersebut.

Randy membuat kesepakatan setelah kunjungan tersebut, dia akan menuliskan sebuah cerita yang akan disebarluaskan kepada media yang ada di kota tersebut. NASA pun akhirnya menyetujui idenya. Tidak disangka, hampir 40 tahun kemudian mimpinya saat kecil berhasilnya terwujud.

Ketiga, Belajar dari Pengalaman

Apakah sesuatu yang kamu harapkan berakhir menjadi kenyataan? Mungkin saya tidak. Randy mempunyai kutipan yang menarik. ‘Pengalaman adalah sesuatu yang kamu dapatkan ketika kamu tidak mendapatkan apa yang kamu inginkan’. Dalam perjalanan hidup tidak semua hal terjadi sesuai keinginan. Kadang hal yang sangat kita harapkan ternyata tidak menjadi kenyataan. Hidup punya misterinya sendiri.

Randy bercerita terkait alasan kenapa orang tua mengirim anaknya untuk bermain sepak bola, basket, atau olahraga lainnya. Mungkin alasan utamanya bukan agar anaknya bisa menjadi pemain basket profesional. Tentunya ada beberapa anak yang memang menemukan hobinya disana lalu bisa mengembangkan bakatnya. Namun fokus sebenarnya adalah agar anak-anak belajar hal lain yang jauh lebih penting misalnya bekerja dalam sebuah tim, sportivitas, kegigihan, dan sebagainya.

Menurut Randy, ini cara belajar yang efektif misalnya ada sebuah proyek bernama Alice Project. Di proyek Alice anak-anak belajar membuat stop motion film dan game. Namun tujuan sebenarnya adalah untuk belajar membuat program komputer tanpa anak-anak itu sadari.

Kesimpulan

1. Pelajaran berharga terkait hidup. Really achieving your childhood dreams, artinya benar-benar mencapai mimpi masa kecilmu

2. Mewujudkan mimpi masa kecil. Setiap orang mempunyai mimpi masa kecil, namun ketika besar apakah kamu masih mengejarnya atau tidak? Jangan biarkan impian masa kecilmu hilang begitu saja.

3. Ketika belajar dari pengalaman. Hidup punya misterinya sendiri. Ambil hikmah dari segala sesuatu. Jangan berfokus pada yang terlihat, namun efek dari semua kegiatannya yang terkait kemampuan hidup. Misalnya, kegigihan, sportivitas, kerjasama, dan lain sebagainya.


Semoga bermanfaat. Sebagai bentuk dukunganmu terhadap blog pribadi ini, caranya mudah sekali. Hanya tinggalkan komentarmu dan sebarkan tulisan ini kepada siapapun. Terima kasih banyak.

Advertisements
Lulusan Psikologi. Instruktur yang berfokus pada materi ajar terkait Improvement & People Development. Penulis resmi di Personal Blog Singgih Pandu Wicaksono. Hobi membaca, menulis, dan berolahraga.

Related Posts

The Psychology of Selling

Advertisements SPW – Menjadi jago jualan perlu memiliki mindset yang tepat dulu sebelum berjualan. Kali ini saya akan membahas buku berjudul The Psychology of Selling karya Brian…

Berpikir Berbeda – Kreatif dan Inovatif

Advertisements SPW – Menjadi original tidak perlu menjadi yang pertama, tetapi menjadi yang berbeda dan lebih baik. Kali ini saya akan membahas buku yang berjudul Originals karya…

Cara Menghentikan Kebohongan atau Kecurangan

Advertisements SPW – Mayoritas orang akan curang apabila situasi dan kondisinya mendukung. Kali ini saya akan bahas buku berjudul The Honest Truth About Dishonesty karya Dan Ariely…

Menjadi Negosiator Ulung dengan Cara Membujuk Orang Lain Melalui Teknik Mendengarkan

Advertisements SPW – Ketika seseorang sedang cerita mungkin dia tidak butuh solusi, akan tetapi hanya ingin didengar keluh kesahnya. Kali ini saya akan membahas buku berjudul Just…

Transformasi Bisnis yang Sukses

Advertisements SPW – Perusahaan yang mampu bertransformasi menjadi perusahaan hebat diibaratkan seekor landak, sedangkan perusahaan yang gagal bertransformasi diibaratkan seekor rubah. Kali ini saya akan membahas buku…

Diskusi yang Memunculkan Solusi

Advertisements SPW – Diskusi awalnya tenang bisa berubah menjadi saling berteriak, apabila kita tidak berusaha mendengarkan orang lain. Kali ini saya akan membahas buku berjudul Crucial Conversations…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *